BODEMEBRAND

WORKSHOP PELATIHAN MANDIRI KURIKULUM MERDEKA MELALUI APLIKASI MERDEKA MENGAJAR

WORKSHOP PELATIHAN MANDIRI KURIKULUM MERDEKA MELALUI APLIKASI MERDEKA MENGAJAR

Sehubungan bersama dengan peluncuran Kurikulum Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Mendikbud Ristek, terhadap tanggal 11 Februari 2022 lalu, Menteri Kemendikbud Ristek Bapak Nadiem Anwar Makarim menghimbau para guru untuk mempelajari Info lebih mendalam berkenaan Kurikulum Merdeka secara independen melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan, SMK Negeri 1 Singosari tetap berupaya di dalam menaikkan kualitas dan kinerja guru. Pada tanggal 5 Juni 2023 SMK Negeri 1 Singosari melaksanakan Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Melalui Aplikasi Merdeka Mengajar di area Rapat Utama. Acara ini dihadiri oleh guru Mata pelajaran lazim SMK Negeri 1 Singosari.

Acara di awali dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Agus Triedi, M.Pd selaku Wakil Kepala SMK Negeri 1 Singosari bidang Kurikulum, beliau menjelaskan bahwa Platform Merdeka Mengajar merupakan Pelatihan Mandiri bagi guru untuk belajar dan menambah kompetensi sebagai pendidik. Aplikasi ini digunakan sebagai pendukung bagi guru di dalam menerapkan Kurikulum Merdeka serta menopang guru mobilisasi tugasnya sebagai pendidik.

Oleh dikarenakan itu, setiap guru harus jelas bahwa tak hanya mengajar, guru terhitung mempunyai tugas tambahan yakni belajar secara tetap menerus supaya jadi guru yang berkualitas. Beliau termasuk menyatakan bahwa di dalam aplikasi PMM terdapat fitur fitur pendukung untuk disaksikan dan dilakukan secara mandiri oleh setiap guru. Guru termasuk beroleh E-Sertifikat pelatihan yang mampu diunduh di laman platform merdeka mengajar sesudah menyelesaikan pelatihan independen di Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Dalam pelaksanaan workshop, guru diajak untuk membuka aplikasi Merdeka Mengajar lewat Laptop atau Smartphone masing masing. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak Maulana Sulton, S.Pd selaku Koordinator Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS). Beliau mengatakan bahwa tiap-tiap guru punyai kewajiban untuk menyelesaikan topik Pelatihan Mandiri, bersama tahapan sebagai tersebut :

1.Mempelajari dan merampungkan seluruh modul yang ada dalam topik yang nampak di aplikasi PMM, yang mana didalam tiap-tiap modul mempunyai materi, aktivitas, serta Post Test yang kudu dipelajari dan dikerjakan.

2. Melaksanakan Aksi Nyata untuk mendemonstrasikan pemahaman berasal dari seluruh modul yang Anda pelajari didalam satu topik. Kemudian, tuangkan Aksi Nyata ke dalam dokumen tertulis didalam format PDF (maksimal 10 MB) dan unggah ke platform Merdeka Mengajar.

Dalam penyelesaian pelatihan independent tersebut, Bapak Ibu guru mampu bekerja mirip bersama dengan kelompok MGMPnya untuk saling share dan sharing Info mengenai aplikasi PMM tersebut. Para guru mata pelajaran umum terlalu antusias di dalam ikuti workshop yang terjadi dari jam 09.00 sampai jam 15.30.

Semoga bersama adanya Pelatihan Mandiri terhadap Platform Merdeka Mengajar dapat memberikan kegunaan yang lebih besar bagi guru dan tenaga kependidikan, imtek.univpancasila.ac.id khususnya di SMK Negeri 1 Singosari didalam memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top